Tingginya angka gangguan jiwa  

Thursday, November 18, 2010


peningkatan angka gangguan jiwa sangat mencengangkan, terlebih dengan adanya tuntutan hidup dan berbagai persoalan yang dihadapi.



JUMLAH PENDUDUK : 250 JUTA
JUMLAH PENDUDUK DEWASA :
70% X 250 JT = 175 JUTA ORANG
ESTIMASI GG JIWA BERAT
0.46% X 175 JT = 805.000 ORANG
ESTIMASI POTENSI EKONOMI YG HILANG:
PASIEN: 805 rb X 1jt RP (UMR) = 805 M
CARE GIVER 1 ORANG MERAWAT = 805 M
TOTAL: 1.6 T /BULAN

Paradigma pencegahan gangguan jiwa yang dapat dipakai oleh setiap orang adalah paradigma pencegahan perilaku dan strategi pencegahan. Pencegahan perilaku diarahkan agar tidak terbentuk respon maladaptif. Perilaku khusus yang perlu dicegah antara lain menolak diri sendiri, melukai orang lain, kebiasaan tidak sehat seperti makan berlebihan, mabuk-mabukan, menyalahkan orang lain, menunda-nunda sesuatu, banyak berdalih, kegagalan berperan (sebagai mahasiswa, orang tua, pekerja, dll), terputusnya hubungan (seperti suami-istri, orang tua-anak, pekerja-bos, dll), perasaan overreaksi/ reaksi yang berlebihan seperti mudah panik, cemas pada situasi baru, mudah mengamuk, mudah melarikan diri dari sesuatu, serta ketidak mampuan psikologis seperti tidak bisa menerima sakit-penyakit, tidak punya kompensasi dan mudah frustasi walaupun dalam peristiwa normal.

Strategi pencegahan sakit jiwa dapat dilakukan melalui pendidikan kesehatan, perubahan lingkungan dan sistem support sosial yang ada. Pendidikan kesehatan dapat meningkatkan kompetensi respon adaptif, kemampuan kontrol diri, strategi koping yang efektif dan peningkatan harga diri. Perubahan lingkungan meliputi pemantapan ekonomi dan keuangan keluarga, mendapatkan pekerjaan atau pendidikan yang memadai, tempat kerja aatau rumah baru, dll. Sistem support sosial yang diberikan dapat menghilangkan atau meminimalkan stressor pencetus dan faktor resikonya. Mensupport klien jiwa bertujuan menguatkan koping yang dimiliki, merujuk pada sistem support sosial yang ada di masyarakat seperti Puskesmas, kelompok masyarakat yang ada, dll.

AddThis Social Bookmark Button
Email this post


Design by Amanda @ Blogger Buster