Kegawat daruratan psikiatri  

Wednesday, December 7, 2011

Banyak hal bisa terjadi di bangsal jiwa...
pasien datang dengan gaduh gelisah, dirumah mengamuk, mengancam orang atau bahkan ada yang sampai membunuh orang....


Kegawatdaruratan psikiatri adalah tiap gangguan dalam berpikir ,perasaan atau tingkah laku yang memerlukan intervensi pengobatan secepatnya. Karena berbagai alasan seperti meningkatnya insidensi kekerasan, meningkatnya perhatian kepada peranan penyakit organik dalam perubahan status mental, dan epidemik alkoholisme dan gangguan penggunaan substansi lain yang menyebabkan jumlah pasien psikiatri terus bertambah (DR.Widjaja Kusuma,1997). Suatu kedaruratan psikiatri adalah gangguan dalam pikiran, perasaan, atau tindakan yang memerlukan terapi segera (Kaplan & Sadock,1993). Kegawatdaruratan Psikiatri merupakan aplikasi klinis dari psikiatri pada kondisi darurat. Kondisi ini menuntut intervensi psikiatri seperti percobaan bunuh diri, penyalahgunaan obat, depresi, penyakit kejiwaan, kekerasan atau perubahan lainnya pada perilaku.
Meluasnya lingkup kegawatdaruratan psikiatri adalah melebihi lingkup praktek psikiatri umum dan memasukkan gangguan spesifik seperti penyalahgunaan zat, kekerasan anak dan pasangan; kekerasan dalam bentuk bunuh diri, pembunuhan, dan pemerkosaan; dan masalah sosial tertentu sperti tuna wisma, usia lanjut, kompetensi, dan sindroma imunodefisiensi didapat (AIDS).
Kegawatdaruratan psikiatri jarang terjadi di praktek umum, sering terjadi di departemen gawat darurat. Kegawatdaruratan psikiatri menakutkan dan bila timbul memerlukan banyak waktu (Ingram.dkk, 1993).

AddThis Social Bookmark Button
Email this post


Design by Amanda @ Blogger Buster